Berdasarkan fungsinya
- Evaluasi kesiapan
- untuk mengukur kemampuan awal. - Evaluasi penempatan
- mengetahui tingkah laku awal sebelum memasuki program, antara lain:
a. apakah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan
b. seberapa jauh siswa telah menguasai tujuan intruksional yang direncanakan
c. seberapa jauh minat, kebiasaan belajar, karakteristik perorangan untuk pemelihan metode yang sesuai. - evaluasi formatif
- digunakan untuk memonitor kemajuan siswa selama pelajaran berlangsung.
- tujuannya adalah memberikan umpan balik kontinou baik kepada siswa maupun kepada guru tentang keberhasilan dan kegagalan belajar siswa.
jadi, bukan sama sekali untuk tujuan memberikan nilai kepada siswa. - evalusi diagnostik
- untuk mengetahui kesulitan belajar siswa secara terus menerus ada padanya yang tidak dapat diperbaiki dengan cara-cara yang digunakan pada evaluasi formatif. - Evalusi sumatif / UU
-untuk menentukan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Biasanya di lakukan pada akhir program suatu pengajaran
kegunaan lain tes ini adalah:a) Menentukan nilai raport
dalam hal ini setiap siswa dibandingkan dengan siswa lain.b) Memberikan keterangan bahwa seorang siswa mempunyai ketrampilan dan kecakapan tertentuc) Meramaikan keberhasilan belajar dalam menentukan studinyad) Dapat dipakai untuk titik tolak study selanjutnyae) Sebagai umpan balik bagi pelajar. - Evaluasi sub sumatif/ UH
- untuk menetukan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pengajaran, setelah sejumlah satuan pengajaran tertentu diselesaikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar