Rabu, 18 April 2012

jenis evaluasi

Berdasarkan fungsinya

  1. Evaluasi kesiapan
    - untuk mengukur kemampuan awal.
  2. Evaluasi penempatan
    - mengetahui tingkah laku awal sebelum memasuki program, antara lain:
    a. apakah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan
    b. seberapa jauh siswa telah menguasai tujuan intruksional yang direncanakan
    c. seberapa jauh minat, kebiasaan belajar, karakteristik perorangan untuk pemelihan metode yang sesuai.
  3. evaluasi formatif
    - digunakan untuk memonitor kemajuan siswa selama pelajaran berlangsung.
    - tujuannya adalah memberikan umpan balik kontinou baik kepada siswa maupun kepada guru tentang             keberhasilan dan kegagalan belajar siswa.
    jadi, bukan sama sekali untuk tujuan memberikan nilai kepada siswa.
  4. evalusi diagnostik
    - untuk mengetahui kesulitan belajar siswa secara terus menerus ada padanya yang tidak dapat diperbaiki dengan cara-cara yang digunakan pada evaluasi formatif.
  5. Evalusi sumatif / UU
    -untuk menentukan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Biasanya di lakukan pada akhir program suatu pengajaran
    kegunaan lain tes ini adalah:
    a)      Menentukan nilai raport
    dalam hal ini setiap siswa dibandingkan dengan siswa lain.
    b)      Memberikan keterangan bahwa seorang siswa mempunyai ketrampilan dan kecakapan tertentu
    c)       Meramaikan keberhasilan belajar dalam menentukan studinya
    d)      Dapat dipakai untuk titik tolak study selanjutnya
    e)      Sebagai umpan balik bagi pelajar.
  6. Evaluasi sub sumatif/ UH
    - untuk menetukan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pengajaran, setelah sejumlah satuan pengajaran tertentu diselesaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar