Sabtu, 07 April 2012

evaluasi pembelajaran

implikasi dari definisi evaluasi
  1. evalusi
    suatu proses yang berjalan terus menerus jadi tidak hanya di lakukan pada akhir suatu proses bahkan dimulai sebelum program
  2. evaluasi dilakukan dengan arah dan tujuan yang jelas
  3. evaluasi memerlukan instrument pengukuran yang teliti dan tepat untuk mengumpulkan informasi atau data.
mengapa menilai?
  1. Makna bagi siswa
    memperoleh hasil memuaskan atau tidak memuaskan
  2. Makna bagi guru
    -menguasai penguasaan bahan siswa
    -materi yang di ajarkan sudah tepat / belum
    -mengetahui ketepatan metode
  3. Makna bagi sekolah
    - kondisi belajar yang diciptakan sekolah sudah sesuai atau belum
    - mengetahui tepat tidaknya kurikulum sekolah
    - pedoman bagi sekolah untuk tahun depan.
tujuan / fungsi penilaian:
  1. Berfungsi selektif
    -seleksi terhadap semua ( PPDB(Penerimaan Peserta Didik Baru), kenaikan kelas, penentuan mendapat beasiswa, dll
  2. Berfungsi diagnostik
    -untuk mengetahui kelemahan dan kesulitan belajar
  3.  Berfungsi sebagai penempatan
    - melayani perbedaan indivudual untuk mengetahui tingkah laku awal sebelum memasuki program
  4. Berfungsi mengukur suatu keberhasilan
    -mengetahui sejauh mana program itu berhasil diterapkan
kegunaan evalusi secara umum dipandang dari..
  1. Kegunaan bagi pelajar
    - membantu dalam merencanakan dan menetapkan langkah-langkah urutan belajar
    - penguatan dari penguasaan bahan
    - untuk diagnose belajar
    - untuk usaha perbaikan
  2. kegunaan bagi pengajar
    - sebagai umpan balik bagi pengajar untuk mengetahui sejauh mana pelajarannya dikuasai siswa
    - hasil evaluasi formatif dapat dipakai untuk meramalkan hasil pada evaluasi sumatif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar